Tips Menghadapi Ketika Terjadi Kebakaran Mobil

Tips Menghadapi Ketika Terjadi Kebakaran Mobil - Kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Tidak ada orang yang mau mengalami kecelakaan, tapi sebenarnya kecelakaan bisa saja dihindari dengan cara mentaati aturan dijalan dan menjadi pengendara yang baik. Jika anda menggunakan kendaraan mobil ada potensi kebakaran pada mobil yang lebih besar ketimbang pada sepeda motor. Kebakaran yang terjadi pada mobil biasanya lebih banyak dikarenakan keteledoran, contohnya saja seperti merokok didalam mobil, modifikasi mobil yang melibatkan sistem kelistrikan, salah tempat parkir, dan mengangkut muatan berbahaya. Terkadang pemilik lupa bahwa yang sedang ia kendarai adalah alat dengan bahan bakar yang mudah sekali terbakar serta ada kandugnan yang bisa membantu api semakin menjalar kemana – mana. Namun jika anda ada disituasi seperti itu ada bebearpa langkah untuk tips menghadapi ketika terjadi kebakaran mobil.

Kebakaran Mobil

Yang pertama, ketika asap sudah muncul usahakan untuk tidak panik, tetap tenang agar anda bisa berfikir untuk tindakan yang selanjutnya. Yang kedua, pastikan anda berada pasa situasi yang aman ketika anda ingin membantu yang lainnya. Yang ketiga, jika terdapat penumpang yang lainnya maka pastikan anda membuka pintu anda terlebih dahulu kemudian membuka pintu sisi penumpang yang lainnya. Yang keempat, segara menjauh dari mobil yang terbakar sebelum api semakin membesar, dan kemudian hubungi pemadam kebakaran terdekat. Pada saat memadamakan api sebaiknya lebih berhati – hati. Gunakan alat pemadam kebakaran bila api relative kecil dan perlu anda ketahui jika asap mucul dari ruangan mesin bukan berarti sumber api berasal dari situ. Asap bisa muncul akibat mesin dalam kondisi overheating.

Namun jika belum terjadi kebakaran dengan mobil anda sebaiknya lakukan pencegahan agar itu tidak terjadi. Anda bisa menghindari modifikasi kendaraan yang berlebihan dan sembrono. Kemudian lakukan perawatan yang rutin kendaraan adna di bengkel resmi. Selanjutnya, berkendaralah dengan aman dan parkir kendaraan yang aman. Jauhkan ruang mesin dari benda yang mudah sekali untuk terbakar dan pastikan terutup aman.

Lihat juga cara merawat mobil agar tetap awet, Sekian informasi yang kami berikan untuk anda mengenai tips menghadapi ketika terjadi kebakaran mobil. Semoga bisa bermanfaat bagi anda, dan selamat membaca.